Wednesday, November 5, 2014

Penghargaan, Berharga Atau Tidak? . . . Part 2



***


1.       Sertifikat DUDI dari Dedi Com, 2013, Surakarta



  
        Kalau yang ini adalah agenda wajib bagi siswa/I SMK untuk praktek kerja nyata dilapangan setelah mendapatkan pengalaman dan bimbingan kurang lebih selama 2 tahun disekolah. Hal ini bertujuan untuk menyerap sumber daya manusia yang berkompeten dan siap diterjunkan dalam Dunia Usaha/ Dunia Industri.
       
        Aku mendapatkan setelah mengikuti Prakerin Di Daerah Surakarta, tepatnya di Dedi Com Mendungan, Pabelan. Disana aku kenal dengan Mas Ari Kurniawan yang bekerja sebagai Marketing & Admin, kemudian ada Mas Erick sebagai Managernya, dan Big Bos pak Dedi Assari. Pengalaman yang aku dapatkan juga tergolong seru dan mengasikkan. Yang membuat aku terinspirasi adalah mas Erick, karena ternyata dia hanyalah lulusan SMP yang dipercaya sebagai Manager di Toko tersebut.
       
        Banyak kenalan teman juga selama disana semisal si Ricky yang terkenal dengan ilmu meramalnya. Ada Fakih yang katanya jago Gitar (aku juga bisa sih 3:) ). Ada Wulan yang kadang suka membolos dan masih banyak lagi. Sayang beribu sayang, ketika mulai betah disana, kami harus hengkang karena masa prakerin telah selesai dan hanya diberi jangka waktu selama 3 bulan saja.

2.       Sertifikat Workshop IT-Networking CCNA dari A. Hidayat, 2013, Pacitan



 

        Ini adalah sertifikat pelatihan tentang jaringan komputer yang notbene dengan anak Networking. Aku mendapatkan ini saat mas Alvian Hidayat yang Kuliah di POLINES Semarang datang kesekolahku (dia juga alumni SMK N 1 Donorojo) untuk mengajukan pelatihan Workshop IT-Networking CCNA yang akan dilaksanakan selama 2 hari. Biayanya tergolong murah, sebesar Rp. 50.000,- saja untuk semua sesi. Seharusnya biaya per Session bisa mencapai Rp. 2.000.000,- lho. Dengan bertambahnya sertifikat pelatihan ini, berarti menambah pula wawasan dan pengalaman yang aku miliki.


3.   Sertifikat TA Programing Aplikasi Dengan VB TKJ dari SMK N 1 Donorojo , 2013, Pacitan





        KARYA DAN SENI SESEORANG WAJIB KITA HARGAI.” Sedikit dari banyak sertifikat yang aku dapat, mungkin ini adalah salah satu sertifikat yang diberikan saat Tugas Akhir. Waktu itu aku diberi Tugas Akhir secara individu untuk membuat aplikasi berbasis Windows yang harus diprogram dengan aplikasi Visual Basic. Nah, dengan mengandalkan kreatifitas yang aku miliki, aku sempat membuat 3 aplikasi yang bisa kalian lihat sendiri di sertifikat tersebut.
       
        Penghargaan ini memang hanya tingkat lokal saja, mengingat ini bukanlah sebuah kompetisi. namun karya anak bangsa yang secara keseluruhan memiliki HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) haruslah dihargai agar tidak dibajak bro.





Bersambung . . .

No comments:

Post a Comment