Thursday, November 20, 2014

How To Make Simple MP3 Player v1.7 Part 1


                                                                                 ***

Anda pasti hobi sekali bermain komputer sambil mendengar musik atau apalagi online sambil mendengarkan musik itu sangat mengasikkan, program yang anda buka pasti kalau bukan Winamp, Windows Media Player, GOM Player atau yang lainnya.

            Tapi kali ini kita akan membuat sendiri aplikasi pemutar musik atau mp3 player tersebut dengan Visual Basic, pasti anda menyangka sangat sulit untuk membuat aplikasi tersebut dan ternyata sangat simple & mudah dalam membuatnya.


2.       Peralatan & Bahan
          1.       Komputer / Laptop
          2.       Visual Basic 6.0/versi terbaru

3.    Bahan
 
No.
Nama Komponen/Bahan
Merk /Model /Ukuran
1.
PC / Laptop
-
2.
Aplikasi Visual Basic
VB 6.0
3.
Bahasa Pemrograman
Kode/Listing/Script






4.     Langkah Kerja

                Berikut adalah langkah membuat aplikasi MP3 player menggunakan VB 6.0:

1.       Jalankan program Visual Basic


2.       Kemudian membut project baru, pilih New Project dan klik 2x standar.exe, anda akan langsung diberikan lembar kerja baru seperti berikut.



3.       Klik Menu Project >> Components (CTRL+T) kemudian pilih dan tandai Microsoft Common Dialog Control 6.0, Microsoft Multimedia Control 6.0, dan Windows Media Player >> OK





4.    Disini kita akan membuat 3 buah Form, Form yang pertama sebagai MP3 Player, Form ke-2 sebagai Add Files, & yang ke-3 sebagai Add Folder. Untuk menambahkan form, anda dapat membuatnya dengan klik Menu Project -> Add Form -> muncul kotak dialog -> Pilih Form -> klik open.

a.       Untuk Form pertama, tambahkan 3 Buah Label, 2 Buah ListBox (ListBox1 harus ada diatas ListBox2) 4 Command Button ( Tombol Play, Add File, Add Folder & Close), 1 Common Dialog, 1 MMControl, & 1 Windows Media Player. desainlah seperti gambar Tampilan Form1 dan untuk picture background terserah sesuai keinginan anda.

b.      Untuk Form ke-2, tambahkan 2 Command Button (Tombol Add & Cancel), 1 Drive ListBox, 1 Dir ListBox, dan 1 ListBox. desainlah seperti gambar Tampilan Form2 dan untuk picture background terserah sesuai keinginan anda.

c.  Untuk Form ke-3, tambahkan tambahkan 2 Command Button (Tombol Add & Cancel), 1 Drive ListBox, & 1 Dir ListBox. desainlah seperti gambar Tampilan Form3 dan untuk picture background terserah sesuai keinginan anda.

d.       Tampilan Form1


e.    Tampilan Form2

f.     Tampilan Form3










Bersambung . . . ( Baca : http://pjsindo.blogspot.com/2014/11/how-to-make-simple-mp3-player-v17-part-2.html )

No comments:

Post a Comment