Sunday, November 16, 2014

Answer To No Question



***
                Akhir-akhir ini, temen-temenku mengejek karena gaya bahasa nulis yang aku gunakan di blog terkesan formil untuk anak muda. Oke fix, malam ini aku bakal ganti dengan tata bahasa gaul, LOE GUEan. 

Loe Asik, Gue Santai.
Loe Usik, Gue Bantai.  
BRAVOOOOO….

Mungkin dari sekian banyak penulis yang gue lihat profilnya, gue memang naruh hati sama bang Raditya Dika, ya makhluk yang menyebut dirinya pelajar BODOH ini membuat gue jadi terinspirasi buat nulis cerita humor yang berasal dari KEGELISAHAN. Seneng disini bukan berarti gue “SUKA” dalam artian lain sih, kecuali kalau lagi kepepet.


Seteleh 3 minggu nulis, gue kehabisan materi dan bahan. Terpaksa gue buka catatan-catatan kecil yang ada di lembar kertas, kampretnya  sebagian sudah dikencingin tikus dan habis dimakan rayap. Semoga rayap sehat-sehat selalu makan kertas gue yang sudah kena Art Water From Mouse. Kenapa sob?... kox geleng-geleng kepala. Biasa ajalah, namanya tatanan bahasa inggris orang jawa kan morat marit.

Setelah gue kumpulin satu persatu, gue yang dari dulu seneng nulis. Keinget pas beli hape pertama kali jaman masih kelas 5 SD, waktu itu hapenya Samsung SGH N-500, batrei hapenya aja nyatu sama back cassing.




Gue yang gak tau cara mengoperasikannya, gak sengaja ngegrepe-grepe tu tombol yang terbilang empuk dan lembut. Baru gue sadar pas temen gue, si Nurul bilang di sekolah kalau ada yang ngirimin gambar bunga ke ponselnya.

#pagi hari disekolah#
‘ eh, temen-temen, kemarin gue dapet sms gambar dari siapa ya? Masa ngirimin gambar bunga?’
‘ mungkin orang salah kirim kali.’ Gue njawab dari belakang.
‘ masa ada yang tau nomor gue, kan ini privasi.’
‘ ya, kan bisa aja tu orang ngacak nomor ponsel. Coba sini gue lihat.’ Wedus tenan, gue baru tau kalau itu ternyata nomor gue. 

Waktu itu juga ada kejadian dimana gue gak bisa ngehidupin ponselnya. Gue bingung setengah mati pas gue nyabut tu batrai yang nyatu ama tutup belakang. Pas gue pasang, gak mau nyala. Gue nyari tombol powernya gak ketemu. Maklum bro HP second, tombolnya mulai luntur.

Gue yang udah hampir gila dibuatnya, terpaksa ngehubingin mas Jeprik buat merbaikin tu HP. Dan gue baru tau, ternyata tombol Power menyatu sama tombol Reject. Kalau tau gitu gue gak ngeluarin kocek 15 ribu coy.

Ada juga pas gue yang denger dapat info dari seluruh penjuru desa. Katanya siapa aja yang dapet sms warna merah bakalan DIED, tewas. Pas lampu indikator warna merah nyala, gue langsung lempar tu HP ke kolong meja. Gue kira bakal meledak macam kompor gas. Dan setelah gue cek, ternyata alarm jam 4 subuh.

                Sebenarnya kegelisahan yang gue alamin pas nulis buku Cinta Piramida itu cuma satu, yaitu MALES. Gue nyadar sih, nulis buku itu gak gampang. Tapi apa boleh buat, gue udah terlanjur bikin cover, nulis cerita yang gue alemin sehari-hari, masa gue nyerah begitu saja kan gak etis.

                Yang memotivasi selain bang Radit, sebenarnya adalah Mas Andrea Hirata. Penulis cerita yang selalu memakai kata ilmiah yang kebanyakan kagak gue ngarti, jadi terpaksa pas baca juga baca kamus dan literature arti kata-kata tersebut. Gue selancar-selancar di internet, akhirnya kesandung ama iklan obat penambah panjang Mr. P. ‘ Mr. P apaan sih?’... Mungkin Mister Patjingsung kali ya. 

JOSS, Gue bisa nemuin nama asli mas Andre, namanya tu  Aqil Barraq Badruddin Seman Said Harun. Gila juga, namanya kepanjangan, kebayang pas ujian nulis nama aja bisa ngehabisin 15 menitan.

Karya-karyanya udah mendunia, salah satunya Laskar Pelangi yang sudah dibukukan di Indonesia dan mancanegara, bukunya jadi Best Seller, udah dibuat film juga sih. Gue juga pengin kaya gitu, tapi kapan ya?... mungkin nunggu Linggis Terapung baru keturutan tu mimpi.

Gue juga ingin tau, tenyata semua pertanyaan yang gue lontarkan terkait asumsi yang bikin hari galauisasi dan terkenal provokasi bisa berakhir di mutilasi.*maaf, jadi latah gara-gara kebanyakan bahasa intelek yang ngejamur*.

                Semua ini sebenarnya bisa kita raih dengan usaha dan kerja keras. Gue pribadi juga punya angan buat membukukan cerita-cerita gue yang sudah usang, gue yakin akhir Desember bisa selesai 120 halaman ukuran A4, trus bakal gue kirim ke salah satu penerbit, nunggu 3-4 bulan lagi,itu kalau layak terbit dan lulus sensor, kalau enggak kan berabe. Kemungkinan bakal gue rillis dulu versi PDFnya aja kali ya?... hadeh puyeng…


Dan gak ngehitung PxL=T gue tau. Gak Usah Ada Pertanyaan, Semua Itu Sudah Ada Jawabannya. It’s In Me . . .




No comments:

Post a Comment