Tuesday, October 28, 2014

Problem Karir & Bisnis Part 2




***
 

Ada Seribu Jalan Menuju Ke Roma”, ya itulah secuil kalimat yang mengubah segalanya. Tidak kandas & menyerah begitu saja usaha cari uang. Begitupula dengan hal apa yang aku kerjakan sekarang.
                Hari-hari selanjutnya aku harus dapat lebih mandiri, semenjak kanak-kanak aku dituntut untuk Multi Talent dalam segala hal. Belajar itu tidak harus kepada yang tua & tidak harus kepada yang punya Ijasah lebih tinggi dari yang kita miliki.  


                Waktu itu pertengahan tahun 2011, aku mendapat tawaran untuk menjaga warnet milik kakak. Dengan senang hati aku menerimanya. Awalnya memang canggung berinteraksi dengan banyak orang. Tapi semakin hari semakin biasalah hal ini. Banyak juga pengalaman yang aku dapat  saat itu, mulai dari tata cara Marketing, Operator Warnet, Pembukuan yang notbene dengan anak Akuntansi, jual HP, Pulsa, & Pop Ice. Tapi ini tak berlangsung lama setelah insiden yang aku jalani begitu bertubi-tubi, yakni sering lalai dalam belajar dan yang lebih naas lagi adalah merusak koneksi Warnet yang waktu itu berjumlah 7 Komputer Client + 1 Komputer Server. Dengan kejadian ini, membuat kakak ku marah besar. 

Akhirnya minggu kedua bulan September dimana aku masih duduk di kelas 1 SMK, ibuku menyarankan aku pulang ke rumah di Wareng. Dengan begitu aku bisa lebih konsen lagi dalam belajar. Saat itulah aku meninggalkan dunia computer beberapa bulan.

Setelah tidak menjaga warnet, kekosongan waktu aku isi dengan hal-hal berbau programming yang kala itu masih aku tulis tangan (saat itu belum punya private computer). Dengan belajar seperti itu, aku bisa lebih paham tanpa menerapkannya langsung.

                Seiring berlabuhnya waktu yang tak tau kapan berhenti, aku ikut Bimbel matematika milik salah seorang guru di sekolahku. Namanya pak Dwi Haryanto. Beliau orangnya supel dan suka melucu, mungkin ini adalah strategi yang membuat tata cara belajar mengajarnya menjadi lebih Funny dan seru. Dari situlah aku aktif di Makarya Learning Center, dimana tempat Bimbel Matematika untuk semua kalangan, mulai dari SD, SMP, sampai anak SMK belajar disini. Mengetahui potensiku yang gemar dunia IT menjadikan diriku diangkat menjadi Staff IT selama kurang lebih 2 tahun. Tentunya dengan tanggung jawab yang tidak mudah.

                Setelah lulus SMK, masa jabatanku sudah habis. Aku putuskan untuk membuka Jasa Servise dirumah. Lumayan memang untuk mengisi waktu luang. Sempat banyak order waktu itu, ada yang meminta diservise Laptop, Printer, bahkan Tugas Akhir anak kuliahan pernah aku garap. Membuat programming mungkin yang paling menarik, karena uang yang aku dapat cukup untuk membayar uang SPP selama 4 Bulan (@Rp. 75.000,-). 

Selain membuka Jasa Perbaikan dan maintenance, aku juga pernah jualan Batu Mulia di saat pameran di daerah Donorojo. Batu Akik tersebut milik Mertua pak Dwi, namanya mbah Parmin. Selama 3 hari disana, seru rasanya dapat berinteraksi lagi dengan khalayak ramai. Apalagi tamu undangan di acara malam puncak berasal dari Pemprov Jawa Timur. Uang yang didapat lumayan besar,sekitar Rp. 1.750.000,-an lah waktu itu, aku dapat honor Rp. 100.000,- . senang rasanya mendapatkan itu semua.

Sekarang aku menjalankan Bisnis kecilku, yakni membuka Servise & Maintenance Komputer sambil menunggu panggilan kerja. Cari kerja itu susah lho… tidak percaya?... buktikan jika kalian sudah lulus SMK dan rasakan sensasinya.

Dari 21 lamaran yang aku ajukan,12 melalui E-mail + 9 melaui Jobstreet.com + 2 di Trans TV, belum satupun yang merekrutnya sampai saat ini. Mungkin aku banyak salah dan kurang sedekah kali ya, jadinya mungkin rezekiku kurang berjalan lancar. :’(




Padahal sudah 6 bulan aku tak bekerja semenjak wisuda kemarin.


Mungkin dari sinilah aku dapat mengambil hikmah bahwa “Kesempatan Tidak Dapat Diulang Kembali, Tapi Sejarah Akan Memflashback Semua Yang Tidak Kita Duga Untuk Dijalani. Kadang Kita Harus Tau Dimana Harus Berlabuh & Menepi Ditempat Yang Tepat Agar Tidak Tersesat Dengan Tipu Daya Muslihat”.






The End 



No comments:

Post a Comment