Thursday, October 23, 2014

Impian & Targetku 3-5 Tahun Kedepan

Sebelum saya menceritakan tentang bagaimana targetku untuk 3 – 5 tahun ke depan. Terlebih dahulu saya akan menceritakan  awal sebab mempunyai pandangan untuk langkah yang akan saya ambil ke depan.

Ketika saya kelas 2 SMK, saya magang di sebuah toko computer di Solo, saya mengira disana saya akan mendapat ilmu yang lebih dari apa yang saya dapat dari belajar disekolah. Ternyata pandangan saya meleset, saya disana hanya belajar Instalasi OS dan melayani pembeli bagian Marketing, padahal tujuan utama saya ialah belajar jauh tentang Jaringan Komputer . 3 bulan praktek kerja industri, tidak memuaskan hati saya karena apa yang saya dapat tidak sesuai dengan apa yang saya inginkan.


Akhirnya, awal – awal kelas 3, kakak kelas alumni Mas Alvian H yang sekarang baru lulus kuliah di Semarang membuat pelatihan CCNA disekolah. Saya mengikutinya dengan semangat, mungkin ini modal kecil yang bisa saya gunakan untuk mencari pekerjaan setelah saya lepas dari bangku putih abu-abu.

Sebenarnya ada beberapa alasan lain yang membuatku berpikir untuk mengenalkan dunia teknologi IT di daerah saya, yaitu:

1. Banyak anak – anak lulusan SMK di beberapa kecamatan di sekitar daerah saya yang masih belum mendapatkan pekerjaan. Dan andaipun sudah mendapatkan pekerjaan, pekerjaan yang didapatkan sungguh tidak layak dengan tingkat kompetensi yang mereka miliki, mereka justru mencari pekerjaan yang berbalik arah, banyak anak Mesin yang jadi penjaga Warnet, anak jaringan Menjahit dan Busana Butik jadi Kasir . Bukankah jika saya bisa mendapatkan kepercayaan dari sekolah – sekolah untuk membuka sebuah usaha yang bisa memberi mereka pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi yang mereka miliki. Sehingga mereka juga bisa mengembangkan dan meningkatkan skill mereka sesuai bidangnya.


2. Sebenarnya tidak hanya sekolah – sekolah yang membuat saya berpikir untuk penggunaan Jaringan Komputer. Tapi juga karena beberapa instansi jasa & pelayanan masyarakat yang ada di daerahku. Semisal Batu Mulia yang kini harganya menggiurkan, Tetapi banyak warga di daerah saya yang masih mudah ditipu dengan para tengkulak dari luar daerah. Sehingga yang seharusnya mereka jual dengan sistem Online dan mendapat untung setidaknya 3-5 kali lipat dari harga standarnya, harus diberikan kepada tengkulak yang dibeli dengan harga borongan dan akan menjualnya dengan harga yang jauh lebih mahal keluar daerah atau dijual kepada turis asing.

3. Saya mempunyai planning untuk membuka Toko & Service Center Komputer yang baru saya rintis yang berlokasi di daerahku. Selain karena untuk menunjang rencanaku, itu juga karena disana masih belum ada saingannya. Mungkin dengan mengajak kerjasama dengan sekolah – sekolah dan instansi yang ada disana bisa membuat usahaku semakin besar, sehingga bisa menyerap lebih banyak lulusan SMK IT/ pengangguran yang berkompeten di daerahku yang masih belum mendapatkan pekerjaan yang layak.

Banyak perusahaan – perusahaan yang masih meragukan tentang kemampuan lulusan SMK IT . saya akan membuktikan bahwa kami, lulusan SMK IT bisa menunjukan prestasi dan prasasti kami yang sesungguhnya, kompetensi yang kami miliki, dan kemampuan kami yang sangat dibutuhkan di masyarakat. ilmu yang kami miliki akan kami baktikan untuk kemajuan pendidikan di daerah kami dengan mewujudkan sekolah berbasis teknologi yang pasti dan tepat guna.




Bersambung . . .

No comments:

Post a Comment