Monday, February 2, 2015

First Time : Kirim Naskah part 1



***

                Fiuhhhh… Finally, gue bisa juga ngirim naskah ke penerbit. Gak kerasa juga, ternyata udah 5 bulan sejak tulisan pertama gue nulis. Banyak kendala juga pas nulis buku pertama ini, dari sakit sampek mata bintit. Tapi syukur juga, gue hari ini bisa ngirim ke Jakarta.

                Gue bakal cerita sedikit tentang prosesnya. Ya walau gue tau, naskah gue bakalan lolos sensor apa enggak, yang penting cerita aja *iyain aja ya, biar gue seneng*. Jadi naskah ini udah gue revisi sampe 34 kali, buat sampulnya 2 hari dengan revisi 6 kali, editing font dan segala tetek bengeknya, belum lagi pas ngeprint itu yang paling parah.

                Jadi pas gue nyetak naskah ini, gue baru bongkar brankas (read: Berani Mencoba. Gagal? Harakiri Aja) Isinya cuman ada 30 ribu, gue akhirnya minjem adik gue 20 ribu, pinjem nyokap gue 20 ribu. Pas udah terkumpul duitnya, malem sebelum gue cetak,  gue cek semua perlengkapan dan tampilan naskahnya, udah rapi apa masih acak-acakan kayak muka gue.

                Hari Jum’at. Gue langsung pergi ke warnet, rencananya gue bakal nyetak kesana. Sumpah, gue mau nyetak di bimbel itu printernya rusak. Pergi kesekolah dengan modus bertemu dengan mbak Tike, sampe disekolah printernya juga rusak semua. Karena udah frustasi ya terpaksa nyetak di warnet.

                Gue duduk di kursi tunggu, bilik warnet udah penuh. Saking lamanya gue nunggu, kaki bisa keluar akarnya.

                ‘ mbak Tar, gue mau nyetak naskah yang kemarin.’ Kata gue disela-sela keramaian anak sekolah yang lagi ngeNet.
                ‘ bisa aja, loe nyetak sendiri aja ya. tu di server 2 lagi kosong.’ Kata mbak Tari. Terus terang, dia merupakan salah satu tim tester gue yang masih bisa hidup dan ngasih komentar. Temen tester gue yang lain udah gak tau nasibnya karena gak ada komentar. Filenya masih dibaca atau di remove gue juga gak ngerti.
                ‘ ini bener gue yang pakek?’
                ‘ iya, pakek aja.
                ‘ tintanya masih banyak kan mbak?
                ‘ masih. Itu baru diisi ulang kemarin.’

                Tanpa banyak cincong, gue langsung ngeprint semua isi naskah yang jumlahnya 121 halaman. Gue bawa kertas sendiri, karena menurut gue ini cara biar ngehemat duit yang pas-pasan.
                Di tempat tunggu yang luas, keliatan anak-anak yang pada ngeNet. Ada juga yang lagi sufing pakek Wi-Fi. gue yang duduk di server, bantu-bantu juga jadinya. Tapi gak papa lah, itung-itung gak buang-buang waktu.

                ‘ mas, bisa ngisi game tablet anak saya kan?’ tanya ibu-ibu paruh baya. Gue yang gak tau dimana game android disempen, langsung bingung. Gue kan bukan operator disini?
                ‘ anu bu, saya gak ngerti filenya dimana.’
                ‘ ah masnya ini suka bercanda.’ Sambil ngambil tablet anaknya. ‘ tolong ya mas, diisi game.’
                MAMPUS gue… gue gak tau apa-apa, sekarang malah disuruh ngisi game berbasis Android. Harus download juga ini?





Bersambung….

No comments:

Post a Comment