Monday, February 2, 2015

First Time : Kirim Naskah part 2



***

                Gue liat mbak Tari masih sibuk sama kerjaannya. Kalo gue teriak-teriak? nanti dikira gila kayak kemarin. Kalo mau ngelambain tangan? dikira di acara uji nyali. Akhirnya gue terpaksa ngirim pesan lewat aplikasi chat.
                ‘ mbak, file gamenya disimpan dimana?’ tanya gue lewat chat.
                ‘ cari aja di server 1 > data D > game > android.’ Bales dia.
                Dengan keringat dingin yang menetes, akhirnya selesai juga ngisi gamenya. Gue kasih lagi sama ibu-ibu itu.

                ‘ sudah bu, sudah saya isikan semua game terbaru.’
                ‘ oh makasih mas. berapa ongkosnya?’ sambil ngambil dompet yang ada di dalam tasnya.
                ‘ silahkan dibayar sama  mbaknya itu ya bu.’
                ‘ bukanya mas pegawai disini?’
                ‘ bukan bu, saya hanya main-main disini.’
                ‘ oh.’
                “OH”, 2 huruf yang membuat gue geleng-geleng. Bukanya terimakasih, malah dianggap kaya orang yang minta belas kasih.

                Gue duduk di server mulai dari jam 10 sampek jam 2 sore. Pegel juga tangan gue bolak-balik ngelayanin anak yang mau nyetak tugasnya. Untung gue gak disuruh ngejilid juga, bisa tewas gue. Hardcopy naskah gue udah selesai, tinggal dijilid aja.

                ‘ mbak, gue mau jilid nih.’  pinta gue.
                ‘ tunggu nanti, gue lagi konsen sama tugas anak-anak ini.’
                ‘ 10 menit aja mbak. Gue harus jaga warung.’
                Sambil hengkang dari tempat duduknya, mbak Tari ngejilid naskah gue. Jadinya lumayan juga daripada lumanyun.
                ‘ semua ongkosnya berapa ini?’
                ‘ yang naskah loe itu kan?’
                ‘ iya, tapi masih ada 10 lembar lagi tambahannya.’
                Dia langsung notal semua pembayaran, terjumlah 47.600 rupiah.
                ‘ totalnya segini.’ Sambil ngasih ke gue catatan nota.

                YA SALLAM… gue gak nyangka bisa segitu. Pikiran gue dari rumah bakalan habis 60 ribu, ternyata cuman 47 ribuan.

                ‘ jangan segitu mbak. Gimana 45 ribu?’ tawar gue. Ya, walau gue gak punya bakat tawar menawar.
                ‘ yaudah dech gak papa.’
                Gue langsung bayar semuanya. Tapi, uang gue semuanya itu recehan. Gue bungkus sama plastik bening lagi. Mirip banget kayak lemper.
                ‘ gue bayar pakek uang kayak gini mbak.’ Bisik gue sambil ngasih duit receh 30 ribuan.
                ‘ ini bener duit loe?’
                ‘ gue kan udah bilang kalo habis bobol brankas mbak.’

                Disamping gue juga ada anak-anak SMP 1 Donor. Mereka bisik-bisik karena ngeliat gue ngeluarin duit recehan yang banyaknya naudzubillah.

                ‘ eh, masnya ini ternyata sama kayak kita.’ Bisik cewek 1.
                ‘ iya, kirain bakal ngeluarin duit yang oke.’

                Karena gue denger omongan mereka, gue langsung hengkang dari tempat ini. Malu gue, mau ditaruh dimana muka gue yang pas-pasan ini.



                HAHAHAHA…. Akhirnya, malam itu juga gue photo-photo sama naskah gue ini. Karena, hari ini adalah hari terakhir gue megang hardcopynya. Dan, gue bakalan nunggu 3 bulan lagi. Diterima atau tidak? hanya tuhan dan penerbitnya yang tau. Semoga lolos dan diterbitkan. Semoga….
                 


Wasallam            

No comments:

Post a Comment