Tuesday, January 27, 2015

Rintisan Baru



***

                Alhamdullilah akhirnya gue bisa ngebuat postingan baru lagi setelah ngemis-ngemis dijalan 2 minggu ini. Lumayan juga duitnya, bisa buat beli quota 50 Mb.

                Gue duduk lagi didepan komputer, pantengin “tata cara kirim naskah ke penerbit”. Gue cari-cari, ternyata banyak banget yang ditolak. Dari 100 penulis yang mengirimkan naskahnya ke penerbit, rata-rata yang diterima hanya 20 orang, sisanya disaring lagi. YA TUHAN, kalo gue ngirim naskah dengan prosentase kayak gitu, mungkin gue bakalan ikut ke saring. Gue bukan lagi jadi sari yang bisa dinikmati, tapi ampas yang akan dibuang.

                Gue baca lagi, ternyata banyak temen-temen seperjuangan yang ditolak karena kesalahan tulis *typo*. Pas gue tau masalah itu, gue langsung revisi buku pertama gue sampek dengan 34 kali. Kesan genre personal literature comedy hilang pas gue baca bolak-balik. Gue langsung muntah-muntah saking enek, muntahnya langsung gue makan lagi. Keren nggak?

                Gue terus ngebaca point ke-3, disitu tertulis “buat tulisan semenarik mungkin”. Pas gue tau point itu point penting, gue langsung ngerubahnya. Padahal tujuan utama gue menulis buat “mendorong” orang biar semangat, bukan “menarik”. Dengan semangat, gue baca terus.

                Point yang terakhir gue baca, “perbanyaklah promosi”. Detik itu juga gue berhenti ngebaca, muak gue ngebaca. Masa promosi? gue kan gak bisa promosi dengan teknik door to door. Bisa-bisa gue di door sama orang yang gak suka ama tulisan gue. Tulisan yang banyak nyindirnya.

                By the way, ada 2 kabar yang masuk di hari-hari gue bulan ini. Yang pertama, 2 hari yang lalu bokap nyokap gue akhirnya bukan warung makan “pojok kampoeng”. Gue seneng banget, cita-cita 12 tahun yang lalu terwujud juga. Tapi kabar buruknya, puskesmas depan warung makan gue bakalan di rombak lebih besar bangunannya. Tapi…

                DIJADIIN RUMAH SAKIT JIWA…

                Gue gak ngerti kenapa harus RSJ. Bisa-bisa gue dimasukin kesitu juga kalo orang tua gue lagi marah sama gue. Pas gue teriak-teriak gak jelas dirumah, gue pasti langsung didaftarin disana. Tiap hari diterapi, dipasung, terus disuntik sampek pantatnya bolong. Ah sudahlah.

                Gue tau, semuanya masih dimulai, wacana. Belum pasti, tapi dinanti. Gue yakin ini bisa membuat sesuatu yang WAH, sesuatu yang kuberi nama Rintisan Baru.




                 

No comments:

Post a Comment